Back to Kompasiana
Artikel

Luar Negeri

Roselina Tjiptadinata

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat

Beda Senior di Negara Kita dengan Australia

HL | 23 May 2013 | 09:35 Dibaca: 1018   Komentar: 20   9

BEDA SENIOR DINEGARA KITA DENGAN AUSTRALIA.

Kalau kita berbicara mengenai penduduk yang sudah berusia 65 tahun keatas,di Ausralia,disebut:” Senior Citizen”( penduduk senior ),maka kita akan melihat beberapa perbedaan dengan dinegara kita .Baik fasilitas yang diberikan oleh pemerintah.maupun dalam kondisi menjalani hidup bermasyarakat.

Kalau kita melihat secara umum,ketika seseorang beranjak dari usia muda,menjadi tua,maka kehidupannya cukup memprihatinkan. Apalagi bila, yang bersangkutan,tidak d__idukung oleh keluarganya,maka ia akan menjalani sisa sisa hidup dengan menyedihkan. Sepertinya ,menunggu saat saat ajal datang menjemputnya..Banyak sekali kita melihat dijalan-jalan atau tempat-tempat umum,penduduk yang sudah tua,jalan kesana kemari terseot seot atau menadahkan tangan,minta minta disudut jalan.

Begitu prihatin sekali ,kalau kita melihat keadaan mereka.Tidak ada yang peduli.karena masing masing orang sibuk dengan hidupnya .Kalau sakit ya terpaksa ditahan-tahan saja .karena tidak ada biaya kerumah sakit.

PANTI JOMPO

Berbuat kebaikan,tidak perlu gembar gembor. Tetapi dalam kontek ini ,saya hanya ingin mengungkapan penderitaan orang orang tua,yang seharusnya dihormati dan dihargai. Karena bagaimanapun kondisinya,mereka adalah orang orang yang pernah berjasa dimasa mudanya.

Beberapa waktu yang lalu ,kami mengunjungi panti jompo.Disana kami melihat betapa memprihatinkan kondisi orang-orang yang sudah tua.,Mereka mempunyai anak yang sukses,tapi tidak sempat mengurus orang tuanya sehingga dititipkan di Panti Jompo.

Ada seorang ibu yang anaknya pengusaha sukses, tapi ia dititipkan disini,karena anaknya tidak mau repot ngurusin.Ketika kami berbincang bincang dan kemudian pamitan.wanita ini tidak mau melepaskan tangannya dari saya.Dimintanya supaya saya sering-sering menjenguknya,karena anaknya tidak pernah datang sejak dia dimasukkan ke Panti Jompo setahun yang lalu.

Demikian juga dengan Panti Jompo lainnya.,Ketika kami kunjungi. mereka sangat gembira.Rupa-rupanya sama halnya dengan ibu yang dulu ,dia tidak pernah dijenguk oleh putranya yang sukses,karena sibuk mengurus perusahaannya.

SENIOR CITIZEN DI AUSTRALIA

1369280930863770302

photo documen pribadi

Lain halnya di Australia.Disini orang orang tua yang laki-laki usia 66 tahun dianggap senior dan diberikan kartu senior,bagi yang wanita usia 64 sudah dianggap Senior.

1369275997902361417
photo documen pribadi

Dengan memiliki kartu senior ,maka banyak fasilitas yang didapat.Misalnya kalau di Westermn Australia pemegang kartu senior berhak naik kereta api,bus dan kapal dengan bayaran sehari maksimal 3 dollar. Sedangkan bila bepergian diluar jam kerja,semuanya gratis.Baik naik bus,train ,maupun feri.Disamping itu , pemegang kartu senior mendapat diskon istimewa ditoko-toko tertentu . dan makan dengan harga spesial.Bahkan ada cafe khusus ,dimana makanan hanya 3 dollar.

Melengkapi berbagai fasilitas,pemegang kartu Senior,diberikan juga kartu”Medicare”,yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan perawatan kesehatan secara gratis. Bahkan kalau sakit dan tidak kuat ke tempat Praktek,dokternya akan datang kerumah.

Di New South Wales para senior diberi keringan naik kereta api,yang mana orang dewasa $20 sehari , bagi senior cukup $2,5

Bagi yang cacat dia bisa membeli kursi roda yang bermesin ,sehingga dia bisa jalan kemana dia ingin pergi dan tidak perlu dibantu.Bila tidak mampu,uang untuk membeli kursi roda,bisa diminta ke Pemerintah,melalui badan pelayanan masyarakat,yang dikenal dengan istilah :”Centerlink”

13692809831198434652

Bahkan bagi mereka yang ingin membangun atau membeli rumah,mendapat bantuan dari pemerintah dengan memberi harga special bagi yang mau tinggal di lokasi Perumahan Senior Citizen. Disini ,mereka dilengkapi dengan berbagai fasilitas,antara lain : perawatan kesehatan,olah raga,refreshing dan jalan jalan keluar kota.

Setiap tahun ada terbit buku penuntun .dimana tercantum kalender berbagai kegiatan yang bisa diikuti. Untuk yang berencana ikut tur,akan diberikan diskon antara 30 sampai 40 persen.

Disini banyak Club Club ,dimana para senior bisa berkumpul-kumpul,main bowling,bingo dan berbagai kegiatan lainnya.

Untuk menjadi anggota ,cukup membayar $7 setahun,3 tahun $20 . Pembayaran ini,akan dikembalikan lagi uang $20 tersebut berupa Voucher yang bisa digunakan untuk membeli makanan dan minuman.

Demikian kehidupan senior di Australia sangat menyenangkan.

1369281002540277456

bermain bowling photo documen pribadi

Harapan kita ,semoga dalam waktu yang akan datang , pemerintah kita,akan berpikir kearah sana,sehingga suatu waktu,secara bertahap,kehidupan orang orang tua di tanah air kita ,akan semakin membaik,

Wollongong, 23 Mei 2013.

Salam saya,

Roselina.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Gandari: Menyibak Karakter dan Sikap …

Olive Bendon | | 18 December 2014 | 17:44

Hidayat Nur Wahid Tidak Paham Hukum …

Hendra Budiman | | 18 December 2014 | 12:50

“Share Your Dreams” dengan Paket …

Kompasiana | | 26 November 2014 | 11:24

Rangkuman Foto: Menyusuri Monumen Penting di …

Bisurjadi | | 18 December 2014 | 14:42

KOMiK Nobar Film Silat Pendekar Tongkat Emas …

Komik Community | | 17 December 2014 | 11:56



Subscribe and Follow Kompasiana: