Back to Kompasiana
Artikel

Luar Negeri

Poernamasyae

write a post and the post write you

Tradisi Rokok di Cina

REP | 21 January 2013 | 17:30 Dibaca: 564   Komentar: 0   0

Lain negara lain kebijakan. Budaya merokok masyarakat Cina, sepanjang pengamatan penulis di kota Wuhan, lumayan akut. Mereka suka merokok dimana saja dan kapan saja. Bahkan di sekolah dasar saat menjemput anak. Namun itu berlaku pada generasi tua, kalau generasi muda terlihat cukup sedikit yang merokok. Mungkin karena harga rokok yang mahal dan persaingan hidup yang semakin ketat.

Rokok sudah menjadi tradisi. Salahsatu tradisi unik terkait dengan rokok adalah pada saat pendaftaran siswa baru di sekolah dasar. Anak saya bersekolah di sekolah untuk orang Wuhan. Jadi setelah memperoleh surat rekomendasi dari kantor, saya ikut mengantri bersama orangtua siswa lainnya di Panitia Penerimaan Siswa Baru. Saat di meja pendaftaran, para orangtua memberikan rokok kepada panitia. Yang diberikan adalah satu batangan rokok. Jadi di meja itu ada beberapa rokok dengan berbagai macam merek.

Harga rokok memang mahal disini. Sepertinya setiap provinsi memiliki rokok khas masing-masing, tidak seperti di Indonesia yang didominasi oleh pabrik rokok dari Jawa. Perdagangan rokok didukung oleh negara, maka bisa kita lihat di bandara Baiyun Wuhan dan bandara Guangzhou, merek rokok yang dijual berbeda. Rokok dijual sebagai souvenir. Harga rokok mulai dari dibawah sepuluh Yuan sampai ratusan Yuan. Para professor dikampus merokoknya yang mahal itu. Salahsatu rokok merk lokal di Wuhan bernama Huanghe Lou, merujuk kepada nama satu pagoda yang menjadi ikon kota Wuhan.

Televisi tidak pernah saya lihat menyiarkan iklan rokok. Kalau iklan minuman beralkohol malah banyak. Namun perilaku merokok bebas diperlihatkan pada berbagai film dan sinetron. Menurut pribadi saya, iklan di televisi banyak mendorong munculnya perokok muda, karena yang dijual adalah gambaran bawah sadar. Merokok itu ‘pemberani’, ‘ekslusif’, ‘koboy’, ‘trendi’, ‘gaul’ dan seterusnya dan seterusnya. Didukung oleh kreatifitas tukang iklan dan dana promosi yang besar mereka membangun citra positif di masyarakat. Bersyukur sekarang sudah mulai menguat gerakan anti bahaya merokok di tanah air. Faktanya para petinggi perusahaan rokok tidak merokok, dan kebanyakan pecandu rokok adalah kalangan bawah masyarakat.

Sebagai mantan perokok, saya juga merasakan bagaimana susahnya berhenti merokok, yang utama adalah niat dari diri sendiri.

Wuhan, 2013-01-18

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Goresan Tinta Kartini Berbuah Apa? …

Kompasiana | | 23 May 2015 | 15:12

Aduhainya #KompasKampus di Bandung …

Bang Aswi | | 23 May 2015 | 14:28

[Blog Competition] Selfie Moment …

Kompasiana | | 18 May 2015 | 17:04

Efesiensi Waktu, Kurir Ini Gunakan Google …

Darwin Arya | | 23 May 2015 | 15:27

Kirim Review Blogshop bersama JNE Anda dan …

Kompasiana | | 10 April 2015 | 15:13


TRENDING ARTICLES

Favorit Bule, PSK Eksotis Indonesia dibayar …

Riana Dewie | 11 jam lalu

Dihantui Rasa Bersalah ,Tehnisi QZ8501 Bunuh …

Tjiptadinata Effend... | 12 jam lalu

Deadline FIFA Seminggu Lagi, PSSI justru …

Achmad Suwefi | 13 jam lalu

Belajar dari Jokowi memilih 9 Wanita …

Imam Kodri | 13 jam lalu

Jokowi Merekrut Orang Gila Agar Bisa Tetap …

Ahmad Maulana S | 16 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: